Ganda

Selamat pagi Indonesia,
Coba kita perhatikan, jika orang lain berlatih bermain bulutangkis atau tenis, kategori apa yang sering dimainkan?, ya, kebanyakan memainkan kategori ganda. Salah satu penyebabnya mungkin adalah stamina. Kalau tenis meja sendiri ketika latihan atau bermain, sering menggunakan kategori ganda, lagi-lagi mungkin salah satu penyebabnya adalah stamina, karena mungkin saja bermain tenis meja tidak memerlukan stamina yang lebih besar. Tentunya hal ini berbeda jika seorang atlet bermain tenis meja, mereka harus memiliki stamina yang baik.
Menarik memang jika kita membahas kategori ganda ini, karena ternyata selama ini, di beberapa klub atau daerah, kategori ini kurang diprioritaskan dengan baik. Padahal di pertandingan-pertandingan resmi, kategori ganda ini selalu dipertandingan untuk diperebutkan emasnya, semisal Olimpiade, Sea Games, Asean Games, maupun PON sendiri. Kategori ganda sendiri antara lain, kategori ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.
Salah satu kurangnya minat tehadap ganda ini sepertinya karena pertandingan-pertandingan di Indonesia jarang memainkan kategori ini. Jikapun ada, dimasukkan di dalam kategori beregu, padahal sistem beregu di dunia pun tidak menggunakan ganda.
Untuk ganda sendiri, di Indonesia sekarang ini berkembang menggunakan tingkatan usia, misal, kategori ganda minimal usia kedua pemain jika disatukan 90 tahun, atau jika disatukan minimal usianya 100 tahun. Ini merupakan fenomena menarik, walaupun tidak ada aturan resminya, namun setidaknya dapat meramaikan dunia tenis meja tanah air.
Namun untuk beberapa daerah, bahkan untuk nasional, memang telah ada beberapa pair yang sudah terbentuk dan mempunyai kecocokan ketika sedang bertanding, sebut saja pasangan Reno dan Husen dari Surya yang sering juga pasangan ini mewakili Jawa Timur dan Indonesia, atau pasangan David dan Zaenudin dari DKI, atau David berpasangan dengan Yon Mardiono untuk mewakili Indonesia dan beberapa pasangan lainnya.
Mudah-mudahan setiap klub atau daerah dapat mulai mengembangkan kateogri ganda ini dan mudah-mudahan pula kategori ganda dapat dipertandingkan di turnamen tenis meja di tingkat nasional maupun sampai tingkat terbawah…

foto : David Jacob/Restu (DKI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: